Tribratanews.kalteng.polri.go.id – Polres Kapuas – Terduga pelaku penipuan berhasil diamankan Satreskrim Polres Kapuas di back up Resmob Polres Kotawaringin Timur Jajaran Polda Kalteng di Jl. Tjilik Riwut Gang Sanggabuana Kel. Baamang Kec. Mentaya Kab. Kotawaringin Timur Prov. Kalteng. Selasa (24/11/2020) pukul 19.30 WIB.

Pelaku sebut saja HJ (27) berhasil diamakan petugas di kediamannya Jl. Tjilik Riwut Gang Sanggabuana Kel. Baamang Kec. Mentaya Kab. Kotawaringin Timur Prov. Kalteng.

Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti, S.I.K., M.Si., melalui Kasat Reskrim AKP Kristanto Situmeang, S.I.K. pada hari kamis (26/11/2020) sore menyampaikan bahwa informasi dari korban, pelaku melalui akun media sosial Facebook menyamar menjadi seorang wanita. Percaya akan bujuk rayu pelaku, korban yang sebelumnya tidak mengetahui pelaku adalah seorang laki-laki pun percaya dan menjalin hubungan namun tidak pernah bertemu hanya berkomunikasi melalui media sosial Facebook dan chat whatsapp.

“Atas penipuan tersebut korban mengalami kerugian sebesar 18 juta rupiah, dengan iming-iming pelaku mau menikah dengan korban pada tanggal 11 november 2020 korban pun bersedia memberikan uangnya kepada pelaku via transfer bank,” terang Kasat.

Namun sampai dengan waktu tersebut pernikahan belum terlaksana, korban yang merasa dirugikan dan tertipu pun melaporkan kejadian tersebut ke Polres Kapuas guna proses lebih lanjut.

Kasat menambahkan saat ini pelaku dan barang bukti sudah diamankan di Mapolres Kapuas dan dalam proses pemeriksaan oleh petugas. “Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya pelaku terancam hukuman pidana penjara paling lama empat tahun sebagaimana dimaksud dalam pasal 378 KUHPidana,” jelas Kasat diakhir pembicaraan. (wen)

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.