Tribratanews.kalteng.polri.go.id – Polres Barito Timur – Kepolisian resor barito timur (Polres Bartim), Kepolisian sektor pematang karau(Polsek pemka), melaksanakan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Kamis (14/1/2021) siang.

Kegiatan sosialisasi karhutla oleh polsek pematang karau ini di lakukan pada semua desa yang ada di kecamatan pematang karau dengan cara sambang dan berdialog dengan masyarakat kemudian membentangkan spanduk stop kebakaran lahan dan hutan(karhutla) dilaksanakan dalam rangka melindungi dan melestarikan hutan dan lahan milik negara/pemerintah dan masyarakat yang salah satunya melindungi hutan dan lahan dari ancaman kebakaran.

Kapolres Bartim AKBP Afandi Eka Putra, S.H., S.I.K., M.PICT., melalui Kepala kepolisian sektor Pematang karau (Kapolsek) Inspektur polisi satu (Iptu) Rochman hakim, S.H menyampaikan bahwa masyarakat harus peduli dan harus mengetahui bahwa perbuatan membakar hutan dan lahan juga dapat berakibat sanksi hukum kepada pelakunya.

” Disampaikan kepada masyarakat untuk tidak lagi membakar, karena apabila terbukti membakar walapun tujuannya membersihkan kebun, akan diproses hukum dengan sanksi penjara 15 tahun dan denda Rp 5 miliar “. jelas Kapolsek

 

Kapolsek menjelaskan bahwa dampak dari karhutla adalah rusaknya lingkungan, musnahnya ekosistem dan terganggunya kesehatan masyarakat.

Untuk itu terus dihimbau keada masyarakat untuk terus melestarikan alam dan bersama pemerintah mencegah terjadinya karhutla.(mn/sam)

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.