Tribratanews.kalteng.polri.go.id – Polres Kotawaringin Timur – Polres Kotim bersama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berkomitmen memberantas Pungli di wilayah kabupaten Kotim yang berpotensi dimanfaatkan oleh oknum aparatur desa untuk mencari keuntungan. Terkait hal itu, sosialisasipun terus dilakukan untuk mengingatkan aparatur pemerintah jangan nekat melakukan Pungli jika tidak ingin berurusan dengan Tim Sapu Bersih (Saber) dan pihak berwajib.

Kali ini,,bekerjasama dengan Pemda kabupaten Kotim, Polres Kotim dalam hal ini ketua saber pungli kabupaten Kotim Kompol M.Z Rofik, S.I.K menggelar sosialisasi kepada para bhabinkamtibmas Polres Kotim terkait sapu bersih Pungli yang dikemas dengan sosialisasi pengelolaan dana desa yang sesuai aturan teknis agar tidak tersangkut kasus hukum, di Aula kantor Pemda kotim, Rabu (12/12/2017) pukul 08.00 WIB.

Hadir dalam kesempatan itu Plt Sekretaris Daerah Kebupaten Kotim H. Halikinoor, S.H, M.M, Wakil Ketua DPRD Kotim H. Supriyadi M.T, M.M, Wakapolres Kompol M.Z Rofik, S.I.K yang juga Ketua Satgas Saber Pungli Kabupaten Kotim, Pasi Ops Kodim 1015-17 Sampit Kapten Infanteri Gunadi, Kasipidsus Kejari Kotim Bruri, S.H, para narasumber dan para bhabinkamtibmas.

Sekda Pemkab Kotim dalam pidato sambutannya mengucapkan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan itu, menurutnya kegiatan itu sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada para bhabinkamtibmas tentang pengawasan dana desa. Sekda berharap dengan mengikuti kegiatan ini para bhabinkamtibmas dapat ikut mengawasi dana desa secara tertip administrasi dan mengacu pada aturan teknis yang telah ditetapkan. “Saya tidak ingin ada lagi kepala desa di kabupaten kotim tersangkut masalah hukum, mari dana desa dikelola dan ditatausahakan dengan baik agar bisa dipertanggung jawabkan,” ujarnya.

Sementara itu ketua satgas saber pungli kabupaten Kotim mengatakan “Sosilisasi bisa menjadi salah satu fungsi pencegahan. Untuk itu kita sebagai anggota Polri agar dapat  meningkatkan dan menghimbau masyarakat agar tidak terlibat pungli dan mau bekerjasama untuk melaporkan dan memberantas pungli,” jelas Ketua Satgas.

Dalam kegiatan sosiliasasi ini, Ketua Satgas juga menekan kepada anggota bhabinkamtibmas yang akan bersetuhan langsung dengan masayarakat untuk selalu mengawasi jika ada pembangunan di desa binaannya dan selalu koordinasikan dengan perangkat desa.(Dedy/sam)

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.