Tribratanews.kalteng.polri.go.id – Polres Seruyan – Polsek Hanau Sebagai bentuk upaya memberantas praktek pungutan liar (Pungli) di Kecamatan Hanau, anggota Polsek Hanau Polres Seruyan lakukan imbauan secara langsung ke masyarakat.

Keterlibatan Polri untuk pencegahan pungli ini merupakan program penting yang terus dijalan. Bahkan tak dipungkiri dalam memberantas aktifitas yang menyalahi aturan undang-undang itu perlu campur tangan seluruh pihak, dari tingkat atas hingga paling bawah yaitu masyarakat yang notabene kerap menjadi korban.

Anggota Polsek Hanau Bripka Rio Bayu secara langsung merangkul masyarakat. Mereka mendatangi beberapa desa untuk menyampaikan imbauan pemberantasan pungli, Jumat (26/11/2021).

“Kami memberikan penyuluhan serta sosialisasi tentang saber pungli dilanjutkan sekaligus menyampaikan pesan pesan Kamtibmas,” ucap Bripka Rio.

Tentunya setiap pemaparan yang disampaikan diharap dapat menjadi perhatian khusus bagi masyarakat, terutama mereka yang secara langsung berurusan dengan pemerintahan yang rentan pungli.

Bripka Indra juga mengingatkan agar masyarakat tidak ragu dan takut apabila menemukan praktek pungli. Ia menyarankan, apabila mendapati kegiatan tersebut maka segera lapor aparat kepolisian.

Sebagaimana diketahui, program sosialisasi yang diberikan oleh Pers Polsek Hanau merupakan kegiatan sambang desa yang digalakkan oleh Polres Seruyan. Tujuannya yakni memberikan himbauan Kamtibmas masif guna menjaga kenyamanan, keamanan dan mempermudah proses adminitrasi dalam pemerintahan khususnya layanan publik.

Perihal giat tersebut, Kapolsek Hanau Ipda Ihsan Tio Basir, S. Tr. K. menerangkan, upaya yang telah dilakukan aparatur negara dari pemerintah daerah dan kepolisian tidak akan maksimal tanpa bantuan atau kemauan masyarakat untuk mendukung pemberantasan Pungli.

“Praktek pungli dapat terjadi hingga tingkat paling bawah, oleh karenanya, kami terus mendorong masyarakat untuk melaporkan kepada pihak berwenang apabila menemukan adanya indikasi praktek pungli,” ucap IPDA Basir.

Oleh karenanya, para Anggota dilapangan pun diterjunkan untuk mengingatkan masyarakat perihal pencegahan adanya pungli. Hal itu diharapkan mampu memberikan gambaran atau menjadikan warga lebih terbuka dan berani melaporkan apabila mengetahui adanya aktifitas pungli.

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.