Tribratanews.kalteng.polri.go.id – Polda Kalteng – Menjelang malam pergantian tahun 2021, Polda Kalteng mengadakan Webinar lintas suku atau etnis se – Kalimantan Tengah yang bertempat Lobi Mapolda Kalteng, Rabu (30/12/2020) pagi.

Webinar tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kabinda Kalteng Brigjen Pol. Drs. Slamet Urip Widodo, pejabat utama Polda Kalteng, tokoh adat Dayak Kalteng, tokoh jawa, tokoh sunda dan tokoh bali.

Dalam acara webiner kali ini Kapolda selaku pembicara utama juga menyampaikan bahwa sejarah konflik di Kalteng pada tahun 2001 merupakan akumulasi dari berbagai konflik yang kecil terpendam pada akhirnya menjadi konflik besar sehingga menimbulkan trauma psikologis bagi masyarakat.

“Kebhinekaan yang dimiliki bangsa Indonesia dan Kalteng sebagai Bumi Pancasila merupakan kekuatan Kalteng untuk meneguhkan keyakinan walaupun berbeda suku, agama, ras dan pandangan politik dengan tujuan menjaga keutuhan NKRI,” ucap Dedi.

Lebih lanjut Dedi menambahkan bahwa pasca pilkada dan penghujung tahun ini diperlukan kesamaan persepsi dan pemahaman segenap komponen masyarakat sebagai upaya pencegahan konflik komunal di Bumi Tambun Bungai Bumi Pancasila Kalimantan Tengah.

Sementara itu Kabidhumas Kombes Pol. Hendra Rochmawan, S.I.K., M.H. menambahkan jika kegiatan seperti ini dilaksanakan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan menjelang malam pergantian tahun baru 2021.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.