Tribratanews.kalteng.polri.go.id – Polda Kalteng – Proyek perubahan adalah salah satu prasyarat dalam mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II. Dimana hal ini berupa pembuatan gagasan yang dituangkan dalam satu tulisan sebagai salah satu pemecahan masalah di suatu unit kerja.

Menyikapi hal tersebut, Kabag Renprogar Biro Rena Polda Kalteng AKBP Andi Hari Wibowo, S.E., pun mengangkat sebuah judul peningkatan kualitas perencanaan di Polda Kalteng guna mewujudkan kinerja organisasi yang unggul dan Presisi.

Hal ini sebagaimana tertuang dalam peraturan kepolisian nomor 14 tahun 2018 tentang struktur organisasi dan tata kerja Polda, Biro Rena mengemban tugas untuk membina dan menyelenggarakan fungsi perencanaan umum dan anggaran, menyiapkan perencanaan kebijakan teknis dan strategi Polda, monitoring dan evaluasi pelaksanaan program/anggaran serta penerapan sistem dan manajemen organisasi.

Andi menambahkan, perencanaan merupakan sebuah tindakan dalam pengambilan keputusan yang merupakan sebagai elemen kontrol dan evaluasi terhadap pelaksanaan pencapaian suatu tujuan.

“Sedangkan, kualitas meliputi usaha memenuhi atau melebihi harapan pelanggan, yang mencakup produk, jasa manusia, proses dan lingkungan. Dimana hal ini pun berpengaruh pada kualitas yang terus berubah – ubah sesuai dengan situasi yang terjadi,” katanya, Selasa (03/08/2021) siang.

“Peningkatan kualitas itu sendiri, Polda Kalteng telah melakukan sejumlah proses perencanaan diantaranya melalui pemberdayaan SDM, peningkatan sarana dan prasarana dan sinergi internal maupun eksternal,” sambungnya.

Lebih lanjut, Andi menyampaikan, peningkatan kualitas tersebut akan berimbas pada kondisi ideal personel berikut kemampuannya, penggunaan anggaran sesuai dengan perencanaan.

“Kemudian, penyerapan anggaran meningkat karena sudah sesuai perencanaan, mengurangi kemungkinan revisi, terjalinnya sinergi internal daj eksternal yang baik. Selain itu, nilai IKPA santat baik, pelaksanaan tugas di Satker dan jajaran Polda Kalteng menjadi efektif dan efesian, meningkatnya kinerja Polda Kalteng dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.