Tribratanews.kalteng.polri.go.id – Polda Kalteng – Polda Kalteng merupakan instansi perintah yang memiliki tugas sangat penting dalam penanganan karhutla di Provinsi Kalimantan Tengah sehingga sangat diperlukan sarana prasarana yang sangat memadai.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M. melalui Kabidhumas Kombes Pol. K. Eko Saputro, S.H., M.H. saat dikonfirmasi di ruang kerjanya di Bidhumas Polda Kalteng, Kamis (10/06/2021) pukul 08.00 WIB.

Adapun sarana prasarana yang dilengkapi Polda Kalteng yaitu Ranmor R2 URC Karhutla yang berfungsi untuk mendatangi TKP dengan cepat dan dilengkapi peralatan untuk pemadaman karhutla, mobil pemburu api yang berfungsi mendatangi TKP dengan cepat, mobil quick siaga karhutla yang berfungsi mendatangi TKP yang sulit dijangkau dan dilengkapi peralatan pemadaman karhutla.

Selanjutnya Eko menyampaikan selain mobil tersebut Polda Kalteng juga memiliki mobil ambulan siaga karhutla yang berfungsi memberikan pertolongan pertama kepada petugas dan masyarakat yang membutuhkan bantuan oxygen dan medis lain dan mobil taktis karhutla yang berfungsi untuk kegiatan TPTKP dan olah TKP karhutla dengan dilengkapi peralatan canggih berupa drone dan lainnya serta memiliki sistem pemantauan titik api atau hotspot menggunakan aplikasi hanyakien musuh yang telah didukung dengan CCTV asap digital untuk memantau secara langsung 24 jam daerah rawan karhutla.

“Sarana prasarana yang dimiliki Polda Kalteng ini bertujuan untuk menunjang pelaksanaan tugas dilapangan dalam penanganan karhutla agar dapat berjalan dengan aman dan lancar sehingga Provinsi Kalimantan Tengah dapat bebas dari karhutla,” ujar Eko.

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.