Tribratanews.kalteng.polri.go.id -Ditpolairud – setelah pada Sabtu (23/5/2020) pagi sampai siang tadi patroli Ditpolairud Polda Kalteng menyasar pengguna jasa transportasi perairan di sekitar pelabuhan taksi klotok di kawasan PPM Sampit, malam ini tim siaga Ditpolairud Polda Kalteng dibawah pimpinan Kasi Binmasair dan Potdirga Subdit Patroli Airud AKP Bambang Suwiji kembali melakukan patroli di Das Mentaya dengan menyasar Kawasan Icon Wisata Jelawat dan sekitar Pelabuhan Habaring Hurung dan Pelabuhan Penyeberangan Feri Sampit.

Kawasan tersebut pada malam lebaran tahun-tahun sebelumnya merupakan kawasan yang padat dengan aktifitas warga, baik aktifitas jual beli di sekitar kawasan Icon Wisata Jelawat, maupun aktifitas warga yang menyeberang menggunakan feri penyeberangan di kawasan pelabuhan penyeberangan feri.

Icon wisata Jelawat sendiri sebenarnya telah ditutup oleh Pemkab Kotawaringin Timur pada pertengahan Maret 2020, sejak mulai merebaknya wabah Covid-19 di Propinsi Kalimantan Tengah. Namun pada kegiatan Patroli yang dilakukan Ditpolairud malam tadi, masih ditemukan warga yang nekat berkerumun di kawasan wisata tersebut.

Imbauan pun dilakukan oleh AKP Bambang Suwiji dan tim nya terhadap kerumunan warga tersebut. Imbauan seperti senantiasa menggunakan masker, jaga jarak fisik, tidak berkerumun dan selalu menjaga kebersihan diri sendiri, diterima oleh warga yang ditemui tim Ditpolairud Polda Kalteng yang berpatroli tadi malam.

Pada patroli di sekitar kawasan pelabuhan Habaring Hurung dan pelabuhan feri penyeberangan, imbauan yang sama juga dilakukan.

Dirpolairud Polda Kalteng Kombes Pol Pitoyo Agung Yuwono, S.I.K, M.Hum melalui Kabag Binopsnal AKBP Rochmat Slamet, S.Sos menyampaikan bahwa patroli yang dilakukan dimalam takbiran ini selain untuk menjaga situasi kamtibmas di wilayah pesisir perairan tetap kondusif, juga merupakan bentuk kepedulian pihaknya terhadap penyebaran wabah Covid-19 yang masih belum dikatakan aman di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur.

“Patroli perairan yang kami lakukan hampir di seluruh wilayah perairan Kalimantan Tengah, selain untuk menjaga situasi kamtibmas wilayah perairan tetap kondusif, juga sebagai upaya mencegah penyebaran wabah Covid-19 makin meluas. Dengan imbauan secara terus menerus, kami berharap ini bisa menggugah kesadaran warga untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 yang tentunya sangat mengancam ditengah-tengah kita” Ujar AKBP Rochmat. (sr/sam)

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.