Tribratanews.kalteng.polri.go.id –Polres Lamandau- Dalam mengantipasi bencana kebakaran di wilayahnya Bhabinkamtibmas Desa Kinipan Polsek Delang, Polres Lamandau, Polda Kalteng melaksanakan sosialisasi pembakaran hutan dan lahan, Selasa (19/1/2021) pukul 10.00 WIB.

Sosisalisasi kali ini di adakan di kantor Desa Kinipan oleh Bhabinkamtibmas Brigpol Botse,yang mengajak aparatur pemerintah Desa membantu mensosialisasikan larangan karhutla tersebut kepada masyarakat Desa Kinipan.

Dimana warga masyarakat desa kinipan sebagian besar penduduknya memiliki mata pencarian bertani dan berkebun, adapun kegiatan bertani dengan cara cara lama masih di gunakan oleh penduduk setempat, agar kegiatan pembakaran lahan dapat di cegah salah satunya memberikan penjelasan bahaya karhutla tersebut kepada masyarakat.

Kapolsek Delang Iptu Edy Jaka. P, S.E, menyampaikan Penduduk Delang mayoritas memiliki mata pencaharian bertani, berkebun dan berladang, serta memiliki budaya bahuma dengan cara membakar, agar masyarakat tidak lagi melakukan pembakaran Sosialisasi terus di lakukan oleh personil polsek Delang maupun oleh Bhabinkamtibmas sehingga masyarakat dapat memahami tentang bahaya kegiatan pembakaran lahan dan hutan di saat musim kemarau tiba.

Adapun bahaya yang dapat di timbulkan pada saat melakukan pertanian dengan cara membakar adalah dapat terjadi bencana kebakaran, polusi udara maupun dapat menyebabkan penyakit Ispa, maka agar bahaya tersebut tidak terjadi kiranya masyarakat tidak melakukan pertanian dengan cara membakar.

“Dalam sosialisasi tersebut juga di sampaikan peraturan perundang – undangan yang melarang perbuatan membakar hutan dan lahan serta sanksi pidananya, masyarakat antusias mendengarkan sosialisasi yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Kinipan. (MP)

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.