Tribratanews.kalteng.polri.go.id – Polres Katingan – Bhabinkamtibmas Kelurahan Pegatan Hulu Polsek Katingan Kuala Polres Katingan Polda Kalteng, Brigpol Leander melaksanakan sosialisasi saber pungli kepada masyarakat Kelurahan Pegatan Hulu Kecamatan Katingan Kuala, Kamis (31/01/2019) pukul 09.00 WIB.

Dalam kegiatan tersebut Bhabinkamtibmas menyampaikan pemahaman mengenai Pungli atau pungutan liar yaitu pengenaan biaya di tempat yang tidak seharusnya biaya dikenakan atau dipungut secara tidak sah untuk pribadi ataupun oknum petugas, sehingga perbuatan tersebut merupakan sebuah praktek kejahatan atau perbuatan pidana.

“Apabila masyarakat menemukan perbuatan tersebut baik di lembaga pendidikan, kantor kelurahan ataupun pelayanan publik lainnya, masyarakat jangan ragu untuk dapat melaporkan kepada pihak yang berwajib karena perbuatan tersebut melanggar hukum sesuai dengan Perpres No. 87 Tahun 2016 tentang satuan tugas saber pungli,” jelasnya.

Kapolres Katingan AKBP. E. Dharma B. Ginting, S.H, S.I.K, M.H melalui Kapolsek Katingan Kuala Ipda Bahrul Ilmi, S.Sos mengatakan tujuan dari pelaksanaan sosialisasi saber pungli tersebut agar masyarakat mengetahui bahwa Satgas Saber Pungli di Kabupaten Katingan telah terbentuk dan agar masyarakat memahami pungutan liar tidak dibenarkan serta ada sanksi hukum bagi pemberi maupun yang menerima.

“pengawasan pungli dapat dilakukan semua lapisan / elemen masyarakat serta masyarakat dapat melaporkan kepada Satgas Saber pungli apabila ada menemukan tindakan pungli yang dilakukan oleh oknum-oknum seperti penyelenggara pemerintahan / kelurahan dan kecamatan, lembaga pendidikan serta pelayanan publik lainnya,” tutup Kapolsek. (LDR)

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.