Tribratanews.kalteng.polri.go.id – Polres Kapuas – Polres Kapuas telah menerima kedatangan siswa baru Polri dari SPN (Sekolah Polisi Negara) Cilik Riwut. Kedatangan tersebut merupakan bentuk latihan praktek kerja lapangan Polri.

Sebanyak 25 siswa baru dari SPN Cilik Riwut tengah menjalani pelatihan dan pendidikan lapangan di Polres Kapuas Pendidikan dan Pelatihan tersebut ditekankan pada materi lima fungsi Polri, yakni satuan lalu lintas, Binmas, Sabhara, Reskrim dan Intelkam. Jumat (14/2/2020) siang.

Setelah mendapatkan materi Binmas, siswa tersebut dikumpulkan di Pos Lantas Trans Kalimantan, Mereka mengikuti praktek langsung dan materi dari satuan lalu lintas, yakni penegakan pengaturan lalu lintas dan praktek penindakan cara tilang.

“Ini pelatihan cara menilang dan menjaga barang bukti dengan benar. Kuncinya harus menerapkan 5 S, salam, sapa, senyum, sopan dan santun,” ujar salah satu siswa.

Pernyataan siswa tersebut dibenarkan oleh Bripka Priyanto, anggota Satlantas Polres Kapuas, yang siang itu turut mendampingi para siswa tersebut belajar. “Ini pelatihan untuk siswa baru. Mereka belajar cara menilang, dengan surat tilang tetap dipegang oleh Polantas,” ujar Bripka Priyanto.

Sementara itu, secara terpisah, Kapolres kapuas AKBP Esa Estu Utama S.I.K menjelaskan bahwa pelatihan dan pendidikan tersebut bertujuan untuk melatih siswa mampu menjalankan tugas dan fungsi Polri dengan baik.

“Harapannya, ketika mereka sudah selesai menempuh pendidikan, mereka sudah mengantongi ilmu dalam bertugas dengan tekun dan tidak menyimpang,” ujarnya. (Or)

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.