Tribratanews.kalteng.polri.go.id – Polres Kobar – Polres Kotawaringin Barat (Kobar) menerjunkan 118 orang personilnya dalam rangka mengamankan aksi damai bela peladang yang berlangsung di depan Kantor Pengadilan Negeri Pangkalan Bun, Jalan Sutan Syahrir, Kel. Sidorejo, Kec. Arut Selatan, Senin (9/12/2019) pukul 08.00 WIB.

Dilokasi, Kapolres Kobar AKBP E. Dharma B. Ginting, SH, SIK, MH mengatakan, dalam hal pengamanan ini pihaknya menerjunkan personil gabungan baik polwan maupun polisi laki – laki yang terbagi menjadi tiga peleton.

“Pleton pertama adalah tim negosiator, dalam hal ini kami libatkan sebanyak 15 orang personil Polwan. Kemudian ada pleton dalmas awal juga dalmas lanjut yang kami siagakan guna mengantisipasi apabila situasi berubah menjadi memanas atau mulai tidak terkendali,”
beber Kapolres AKBP Dharma Ginting.

Selain itu, dalam aksi damai bela peladang ini pihaknya juga menurunkan sejumlah personil lalulintas guna mengatur arus lalu lintas di sepanjang Jalan Sutan Syahrir.

“Kami juga berlakukan sistem satu jalur terutama di area depan Kantor Pengadilan yang dipergunakan untuk orasi massa. Dan membagi sisi kanan jalan menjadi dua jalur sehingga pengendara yang melalui jalan Sutan Sharir tetap bisa beraktivitas seperti biasanya,” tambahnya.

Dalam pengamanan aksi damai ini, pihaknya juga mengimbau kepada seluruh peserta yang mengikuti aksi damai agar tetap menjaga kegiatan ini tetap berjalan aman, damai dan lancar tanpa ada aksi anarkis dan pengrusakan.

Aksi damai bela peladang yang diikuti Forum Solidaritas Bela Peladang, Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), Masyarakat Peduli Peladang berlangsung aman dan kondusif. (dns/sam)

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.