Tribratanews.kalteng.polri.go.id – Polresta Palangka – Polsek Pahandut jajaran Polresta Palangka Raya mengamankan seorang pria berinisial BR (29) karena tertangkap tangan tengah melakukan aksi pencurian kotak amal di Masjid Raya Darussalam Jl. G.Obos Palangka Raya, Kamis (23/01/2020) dini hari.

Kapolsek Pahandut Kompol Edia Sutaata, S.H., M.H menjelaskan, pelaku warga Jalan Mendawai Palangka Raya berhasil diamankan oleh petugas keamanan (Security) Masjid Raya Darussalam saat tengah mencongkel kotak amal dan mengambil uang di dalamnya.

“Kronologisnya, pelaku memarkirkan sepeda motornya di belakang ruang kelas Madrasah Ibtidaiyah (MI) kemudian memanjat pagar dan masuk ke dalam Masjid Darussalam untuk melakukan aksinya. Saat sedang mencongkel kotak amal menggunakan obeng, penutup kotak amal yang terbuat dari besi terjatuh ke lantai. Mendengar suara tersebut, petugas keamanan masjid segera mendatangi asal suara dan mendapati pelaku sedang mengambil uang di kotak amal. Lalu pelaku diamankan,” beber Edia.

Lebih lanjut Kompol Edia menuturkan, pelaku merupakan mantan petugas keamanan masjid yang pernah bekerja selama satu tahun.

“Pelaku ini masih memegang kunci beberapa pintu masjid maupun kotak amal. Menurut pengakuannya, dirinya telah lima kali melakukan pencurian di Masjid Raya Darussalam,” terang Kapolsek.

Dari tangan pelaku petugas mengamankan sejumlah barang bukti berupa satu buah kotak amal masjid yang terbuat dari besi, tas milik pelaku, uang tunai sebesar Rp. 819.000,-, kunci pintu masjid, kunci kotak amal, satu buah obeng dan satu unit Sepeda Motor Yamaha Mio Soul No Pol : KH 2779 AG yang digunakan pelaku untuk melakukan aksinya. (bib/sam)

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.